Pengaruh unsur-unsur paduan terhadap bahan berbasis besi (ferro)

30/01/2014 12:28

 

Paduan besi-karbon, setelah proses-proses metalurgi yang membentuknya, selain unsur karbon sebagai paduan utama, masih mengandung berbagai unsur yang masing-masing memiliki pengaruh terhadap struktur mikronya, Pengaruh-pengaruh tersebut dapat saling menguatkan maupun melemahkan.

Secara umum unsur-unsur tersebut adalah Silikon (Si), Mangan (Mn), Fosfor (P), Sulfur (S), Nitrogen (N2), Tembaga (Cu), Nikel (Ni), Chrom (Cr), Oksigen (O2), Aluminium (Al), Hidrogen (H2) dan unsur lainnya dalam jumlah sangat sedikit  serta senyawa-senyawa bukan logam lainnya baik berwujud sulfida, oksida maupun silikat.

Unsur-unsur tersebut baru akan memberikan manfaat terhadap kualitas paduan besi-karbon bila terpadu dalam suatu komposisi yang harmonis serta penyebaran yang merata. Unsur-unsur inilah yang bertanggung jawab atas perbedaan kualitas paduan besi-karbon yang sama namun melalui proses yang berbeda, misalnya pengecoran, hot/cold working proses, heattreatment dan sebagainya.

Berikut ini akan disampaikan pengaruh masing-masing unsur tersebut terhadap paduan besi-karbon baik secara sendiri-sendiri ataupun sebagai senyawa dengan unsur lainnya, sehingga akan diperoleh suatu gambaran umum tentang bahan berbasis besi (paduan besi-karbon) baik dalam lingkup baja baupun besi cor.

© 2010 All rights reserved. mesinmusamus.co.cc

Make a free websiteWebnode